Market Commentary: Week May 10th 2021

For Members

Hi Semua,

Kami dari tim Investasi Mudah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin. Terima kasih banyak atas dukungannya dan selamat berakhir pekan.


Prospek Alat Kesehatan dan Program Vaksinasi

Emiten farmasi menargetkan pertumbuhan kinerja pada tahun ini akibat penjualan alat kesahatan yang naik karena pandemi Covid-19.

Manajemen PT Indofarma Tbk. (INAF) optimis pendapatan tahun ini bisa naik 50% dari tahun lalu untuk mencapai Rp 2.55 triliun. Segmen alat kesehatan diharapkan akan menjadi kontributor besar terhadap kinerja INAF. Salah satu produk andalan INAF adalah Invitro Diagnostik, antigen dan PCR. Selain itu, INAF juga ditunjuk menjadi distributor nasional Genose.

Di sisi lain, PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) yakin pendapatan bisa naik 12% tahun ini untuk mencapai Rp 11.27 triliun. Sebab, KAEF akan memaksimalkan peluang penjualan pada produk obat, alat kesehatan, multivitamin, serta jasa layanan kesehatan lainnya. Terlebih, KAEF juga terlibat dalam kegiatan vaksinasi program pemerintah dan program Gotong Royong.

Berikut adalah kinerja emiten saham farmasi BUMN pada Kuartal I-2021 secara YoY:

  • INAF: Pendapatan naik 151.88% dan berbalik laba

  • KAEF: Pendapatan turun 4.25% dan laba turun 33.90%

  • PEHA: Pendapatan turun 1.78% dan berbalik laba